Melancong ke Batam, Ingat Gonggong!

Gonggong (siput laut), selama ini cara mengelolanya hanya direbus lalu dicocol dengan sambal. Sekarang, ada segudang cara (menu) menarik untuk menikmati biota laut ini. Mau tahu?

Pecinta kuliner, Anda mungkin kurang familiar dengan nama Gonggong? Ini adalah sejenis seafood berukuran kecil yang hanya ada di perairan Kepulauan Riau, termasuk Kota Batam. Biasanya Gonggong dihidangkan bersama cangkangnya. Kamu yang belum pernah memakannya, pasti akan sedikit bingung, bagaimana cara menyantapnya? Dibantu tusuk gigi untuk mengeluarkan isinya (daging). Sedekit repot, memang! Untuk menikmati Gonggong, umumnya, hanya direbus lalu dicocol dengan sambal. Itu cara lama menikmati Gonggong! Kini, siput laut ini bisa disajikan dengan citarasa yang beragam. Nama menunya pun nyentrik. Yaitu: Gonggong Alien, Gonggong Saus Kopi (rasa manis pahit), Gonggong Sambal Asam, Gonggong Rica-Rica, Gonggong Rawon Setan Medan, Pindang Gonggong, Gonggong Saus Telor, Spageti Gonggong, Rendang Gonggong, Gonggong Taucho Medan, dan segudang menu lainnya.

GONGGONG & TIPS sejenis siput laut berukuran kecil yang hanya ada di perairan Kepulauan Riau, termasuk Kota Batam. Biasanya Gonggong dihidangkan bersama cangkangnya (belum dikupas). Dengan dibantu tusuk gigi untuk mengeluarkan isinya (daging), lalu dinikmati bersama sambal. Sedekit repot, memang! Tekstur daging siput ini kenyal dan licin. Soal rasa dan kandungan gizinya, tidak perlu diragukan lagi! Tips mengolah Gonggong: bersihkan dengan air lalu rebus bersama garam dan irisan jahe. Campuran garam dan jahe bergImageuna untuk menghilangkan lendir dan bau amis (laut) pada Gonggong. Tidak perlu menambahkan penyedap pada masakan, karena rasa dari biota laut ini sudah gurih.  Cara lain, sebelum siput laut ini direbus, sebaiknya direndam dengan air garam semalaman. Hal ini untuk merontokan lumpur (bau) yang ada di dalamnya. Sebelum merebus, pastikan air mendidih terlebih dulu, baru lah Gonggong dimasukkan. Karena bila air dalam keadaan normal/ dingin, seafood ini akan mengkerut, sehingga sulit mengeluarkan daging dari cangkangnya.      Pecinta kuliner yang berencana melancong ke Batam, jangan lupa untuk menikmati Gonggong ya!

(Liana Hutasoit) Bonappetit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: